Nilai 'Ujian' Bukan Segalanya


Teringat masa-masa kroscek nilai saat setelah ujian (UAS pada saat itu) selesai. Lihat di kartu hasil studi mahasiswa lha kok alfabetnya bisa urut. Nah pada saat itu juga jadi langsung terpikirkan hal-hal yang mungkin tidak perlu dilakukan seperti : menggunjing dosen, mencari-cari kesalahan teman, melakukan maneuver-manuver yang pokoknya ga terima kalau lihat nilai yang ada di hasil studi tersebut tidak sesuai harapan kita. Nah pada saat itu sikapi dengan tenang dan jangan terpancing emosi, segera ke bagian kemahasiswaan atau dosen terkait yang mengajar mata kuliah tersebut. Lakukan kroscek nilai yang anda anggap itu tidak sesuai dengan hasil yang anda dapat sebelumnya.

Berbicara masalah nilai akhir, maka ini saya coba untuk memberikan sedikit ulasan tentang tafsir dari nilai-nilai yang biasanya ditulis dengan huruf.
Untuk persamaan alphabet dengan angka di dunia perkuliahan yang benar adalah sebagai berikut:
A= 4
B=3
C=2
D=1
E=0

Untuk dunia pendidikan dari Taman Kanak-Kanak sampai SMA/SMK untuk alphabet tersebut diberikan kesamaan atau grade dari masing-masing huruf alphabet tersebut.
A=Amat baik
B=Baik
C=Cukup
D=Kurang
E=Sangat Kurang
Nah supaya kita tidak terlalu sepaneng atau tegang pada saat dikeluarkannya nilai-nilai ujian maka akan coba saya berikan tips. Berikut adalah tafsir dan tipsnya jika melihat nilai yang telah disediakan saat setelah ujian (UTS/UAS/UAN)

A=Allah itu 'lebih MAHA' dari apa yang kita kira, jadi ketika mendapatkannya jangan menjadikan kita sombong.
B=Bersyukur dengan apa yang tlah dicapai, menerima hasil yang telah dicapai bukan berarti puas dengan hasil yang saat ini sudah didapat. Maksimalkan supaya menjadi A.
C=Cukup untuk saat ini, segera tingkatkan dan jangan putus asa.
D=Do'a saja tidak cukup kalau tanpa usaha, lakukan do’a disertai dengan usaha kemudian segera lakukan perbaikan
E=Enaknya memperbaiki secepatnya, tapi ingat jangan dengan emosi.Tetep kalem dan slowdown.]

Mudah-mudahan dapat memberikan kita motivasi dikemudian hari. ones

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nilai 'Ujian' Bukan Segalanya"

Post a Comment