Monday, 13 February 2012

Berkendaraa Aman, Terasa Nyaman

Lampu hijau menyala, kendaraan mulai melaju. Dari belakang ada kendaraan nyalib mendahului dari sebelah kanan karena sudah mengetahui bahwa lampu sudah berwarna hijau.

Beberapa saat kemudian sekitar 100meter terjadi adu mulut dengan percakapan bahasa jawa.

“Mas, nek nyalib ki alon-alon'

“lhoh, pripun to pak???bukane aku wis nyalib seko kanan???'sautnya sambil berpikir dan berkata dalam hati “kalo nyalibnya pelan, gimana bisa nyalib???'

“iyo, tapi kowe nyalib ki ora nlakson, marakke kaget nyalib seko mburi ngono kuwi.”

Karena ga mau terlalu panjang maka dijawab “njih pak...' Sambil berkata dalam hati “mesti kae SIM-e nembak, soale ra donk carane nganggo kendaraan. Aku wae sik SIM-e nembak, mudeng carane nyalib kok..' hahahaha

Apa yang dapat diambil dari kejadian tersebut?

Hal yang dapat diambil hikmahnya adalah perlunya tertib lalulintas di jalan, mengetahui aturan dan etika berkendara.Dalam berlalu-lintas, harus diperhatikan beberapa hal yang terkadang terlihat sepele namun penting untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti kecelakaan akibat rem blong misalnya, hal ini tidak akan terjadi bila kita memperhatikan tips dalam berkendara.

Agar tidak merugikan orang lain, tips berlalu-lintas juga harus dipraktekkan. Banyak kecelakaan terjadi hanya karena menerobos lampu merah. Padahal, ini merupakan kesalahan sepele namun bisa berakibat fatal.

Mari kita simak beberapa tips aman dan nyaman berkendara:

Periksa semua lampu kendaraan apakah berfungsi dengan baik. dari lampu utama, lampu rem, lampu sein dan lainnya. Sebagai review tentang lampu ini, jangan mengganti lampu yang bukan standart warna kegunaannya. Pengalaman pribadi ketika lampu rem belakang diganti dengan warna biru, kenasemprot..eh semprit sama bapak polisi.

Berikutnya perlu diperhatikan pula kondisi tekanan udara dalam ban dan kedalaman alur ban secara rutin minimal seminggu sekali, kondisi tekanan ban yang cukup dan alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraan anda melayang di atas air (aqua planing) dan tergelincir (slip) pada saat hujan. Jangan mengambil resiko dengan menggunakan ban yang sudah tipis. Sering kita temui di sekitar kita, kalau ban belum bener-bener kempes dan tidak nyaman dikendarai, ban baru dipompa. Ada pula yang memompa ban lebih dari tekanan yang selayaknya untuk berkendara, alasannya adalah supaya bisa tahan untuk waktu yang lama dan tidak bolak-balik memompa ban.

Periksa kondisi kontrol utama komponen kendaraan anda yaitu kemudi, pedal rem, gas maupun kopling apakah sudah dalam kondisi baik dan berikan perawatan extra selama musim hujan, karena untuk mengantisipasi keadaan darurat atau akibat kesalahan orang lain yang dapat menyebabkan kecelakaan.

Bagi pengendara sepeda motor pergunakan alas kaki yang tidak licin, tahan air dan aman untuk berkendaraan. Dan persiapkan juga jas hujan yang berbentuk baju dan celana, karena jas hujan seperti ini lebih aman dibandingkan yang berbentuk ponco. Alas an menggunakan jas hujan berbentuk baju dan celana adalah supaya lebih bebas bergerak dan tidak mengganggu dalam berkendara. Jas hujan model ponco memang lebih simple untuk memakainya, dan alasan simple inilah yang lebih dipilih banyak kalangan pengendara khususnya sepeda motor karena tidak ribet dalam memakainya.

Dalam kondisi jalanan berair atau sedang hujan, kurangi kecepatan laju dalam mengendarai kendaraan, karena pada saat hujan permukaan jalan yang licin akibat dari bercampurnya oli dengan air dapat membuat anda tergelincir (slip). Mengemudikan kendaraan dalam kondisi kecepatan lebih rendah akan membuat alur ban kendaraan anda lebih banyak bersentuhan langsung dengan aspal dan membuat daya cengkram ban lebih baik.

Menjaga jarak aman kendaraan anda dengan pengendara lain, baik dalam kondisi cuaca cerah ataupun saat sedang hujan. Pada saat hujan jarak aman pengereman kendaraan membutuhkan jarak yang lebih jauh daripada kondisi jalan kering. So, lebih baik menjaga daripada menabrak.hehehehhe

Jangan sembarang menerobos genangan air karena kita tidak tahu kedalamannya, hal ini bisa mengakibatkan kendaraan anda mogok atau terperosok ke dalam lubang yang mungkin ada di dalam genangan tersebut. Pengalaman pribadi saat menerobos masuk dalam genangan air yang kita tidak tahu seberapa dalam dan apa yang ada dalam genangan air tersebut, ban motor terkena paku dan membuat ban kempes. Sungguh berabe bukan???

Apabila terjebak banjir dan kendaraan anda mogok karena air masuk keknalpot atau karburasi kendaraan anda, jangan menghidupkan mesin kembali. Lebih baik didorong ketempat yang aman, karena di khawatirkan sistem pengapian anda mengalami korsleting dan dapat membuat kendaran anda terbakar.

Perlu diperhatikan juga saat berkendara adalah supaya tidak melakukan kegiatan menggunakan alat komunikasi saat sedang berkendara karena dapat mengganggu konsentrasi dalam berkendara. Kegiatan telepon dan sms saat mengendarai kendaraan ini sering kita jumpai. Di beberapa kota sudah memberlakukan peraturan untuk tidak menggunakan alat komunikasi saat berkendara. Sebaiknya jika akan menggunakan alat komunikasi ini, menepi terlebih dahulu dan berhenti.

Dan terakhir yang paling penting adalah menaati rambu-rambu lalulintas yang ada. Rambu-rambu dibuat untuk mengatur dan menjaga keamanan bersama, karena itu taatilah lalu lintas maka Anda dan orang di sekitar Anda akan aman dan nyaman.

Semoga tulisan kali ini bisa bermanfaat bagi yang membacanya. ones

Baca selengkapnya

Thursday, 9 February 2012

Dengan Syukur, Hidup itu Indah

Dari jarak yang lumayan bisa mendengarkan percakapan 2 orang yang lagi ngobrol, mencoba mengamati percakapan dengan seksama.

‘Bro, punya duit ga???lagi bokek nih,,’ sambil muka di lipat-lipat kayak jemuran kering.

‘Mau dipake buat apa??bukannya kemaren baru aja gajian??’jawab teman ngobrolnya.

‘iya sih, tapi ga cukup. .’ sambil garuk-garuk kepala.

‘Masa gajian 2jt udah dipake buat macem-macem..bayangin aja, kepotong buat makan sebulan 600rb, cicilan motor 400rb, kontrakan 300rb, sisa 700rb. Belum kalo laundry pakean, belum lagi isi bensin, belum ngasih orang tua. Pokoknya ga cukup dech buat sebulan…’ tambah uneg-uneg keluhannya.

‘masa sih 2 jt ga cukup??kalo kamu 2jt aja ga cukup buat 1 bulan, apalagi ane yang gajinya 1,7jt tiap bulan??’

‘tapi selama ini ane fine-fine aja tuh dengan gaji 1,7jt, buktinya ane masih bisa bertahan disini.’

‘masa sih kamu bisa cukup dengan 1,7jt???gue ga percaya.’ Kecewa curhatannya tidak membuahkan hasil untuk pinjam atau meminta uang, balik kanan trus pergi dengan muka tambah runyam dan menggerutu yang ga ada habisnya.

Dari percakapan di atas yang coba ditulis kembali tersebut, mari kita coba telusuri apa sih yang dapat kita ambil dari percakapan itu?


Sifat manusia yang tidak puas dengan apa yang didapatnya dan merasa kurang terus, memang tidak sedikit orang yang mengalaminya malah bisa dikatakan hampir semua orang merasa seperti itu.

Orang diberi 1 masih kurang dan minta 2, diberi 2 masih merasa kurang lagi dan minta 3, dan begitu seterusnya. Sangat sering sekali dan mudah kita jumpai di sekitar kita dalam praktek kehidupannya sehari-hari, orang sering mengeluh dengan kondisi kehidupannya. Merasa tidak cukup dengan apa yang sudah didapatkannya adalah hal yang sering dijumpai.


Hanya orang yang mampu bersyukur di setiap kondisi yang bisa bertahan hidup, bagaimana tidak? Orang yang bersyukur itu bisa dilihat dalam kehidupannya yang selalu menerima, merasa cukup dengan apa yang dimilikinya sekarang. Namun orang yang bersyukur bukan berarti tidak mau berusaha untuk mencari yang lebih baik lagi. Bersyukur membuat hidup seseorang menjadi lebih bahagia karena ketenangan yang dimilikinya.


Sebagai contoh warga yang bagus wujud syukurnya adalah masyarakat Jawa. Gimana tidak, mereka senantiasa merasa bahwa hidup yang dijalani ini selalu beruntung dan tidak merasa rugi. Sebagai contoh adalah ketika orang yang sedang diterpa musibah sakit, ketika yang sakit tangannya dia akan mengucap ‘untung yang sakit Cuma tangan kiri, jadi tangan kanan masih dapat digunakan untuk melakukan sesuatu’. Ada juga contoh orang yang sudah menderita hampir mati, juga dikatakan untung ‘untung masih bisa hidup lagi’. Jadi tidak ada habisnya untuk senantiasa berbuat dan berlaku syukur atas nikmat yang telah diberikannya.


Bersyukur itu dapat diwujudkan dalam tiga aspek bentuk perwujudan syukur tersebut :

Syukur dengan hati, yaitu menyadari dan menyakini bahwa semua nikmat dan karunia yang diperoleh merupakan anugerah Allah dan berasal dari-Nya. Maka ketika seseorang mendapatkan atau kehilangan sesuatu, dia akan senantiasa sadar bahwa yang dimilikinya saat ini hanyalah titipan dari Yang Maha Esa.

Syukur dengan lisan, yaitu dengan memuji Allah sebanyak-banyaknya. Wujud syukur dengan lisan ini dapat kita lakukan bukan hanya dengan mengucap Alhamdulillah saja, namun dengan kita berkata yang baik-baik saja juga sudah termasuk salah satu wujud syukur.

Syukur dengan perbuatan, yaitu taat beribadah kepada-Nya dan menggunakan karunia itu untuk kebaikan. Beribadah dalam artian umum dapat juga diartikan dengan berbuat baik dengan siapapun, kapanpun, dan dimanapun.

Semoga tulisan kali ini berikenan dan menjadikan manfaat kita semua. Senantiasa bersyukur bukan berarti tidak mau berusaha untuk menjadi yang lebih baik lagi. Mari kita bersama-sama menjadi pribadi yang selalu bersyukur. (ones)

Baca selengkapnya

Sunday, 5 February 2012

Menangis itu Sehat

Menangis itu Sehat??? masa sih menangis itu bisa membuat seseorang menjadi sehat??? emang apa kelebihannya???

Sebelum masuk ke pembahasan materi kali ini (haduuuhh kayak mau kuliah aja..hehehe), saya coba petikkan penggalan lirik nasyid seperti berikut. Semoga lirik tersebut sedikit banyak mewakili apa yang akan kita bahas kali ini.

menangislah...

kadang manusia terlalu sombong tuk menangis

lalu untuk apa airmata telah dicipta

bukan hanya bahagia yang ada di dunia

menangislah...

bagi rekan-rekan yang ingin menikmati lagunya bisa di download disini.

Okey, mari kita lanjut ke topik pembahasannya.

Manusia menangis karena alasan yang berbeda-beda dan berdasarkan emosi yang berbeda, bisa karena rasa sakit, sedih, kehilangan, frustrasi, ketakutan, atau bahkan karena saking senang dan gembiranya seseorang. Di sisi lain, air mata juga bisa memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan seseorang. Terlepas dari emosi dan alasan yang mendasari, menangis sering membuat orang merasa lebih baik. Menangis bukan berarti seseorang tersebut cengeng atau senang menangis, tapi menangis itu bisa mencairkan suasana hati yang terkadang terbawa emosi.

Air mata adalah kelenjar yang diproduksi oleh proses lakrimasi untuk membersikan mata. Lakrimasi bisa dirujuk pada kata menangis. Emosi yang kuat juga dapat menyebabkan menangis, walaupun kebanyakan mamalia darat memiliki sistem lakrimasi untuk membiarkan mata mereka basah, manusia adalah mamalia satu-satunya yang memiliki emosi air mata.(Wikipedia)

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari menangis yang saya dapat dari hasil baca-baca ssearching di google. hehehe

1. Membantu Melihat

Fungsi dasar air mata adalah memungkinkan manusia untuk melihat. Ibarat sebuah tanah lapang yang luas dan tak pernah sedikitpun terkena air, dapatkah kita bayangkan betapa keringnya tanah tersebut, gersang, tandus, tidak subur dan lain sebagainya. Demikian halnya dengan mata, air mata tidak hanya melumasi bola mata dan kelopak mata, akan tetapi juga mencegahnya agar tidak kekeringan. Jika tidak ada air mata, dapatkah kita bayangkan jikalau mata dan kelopak mata ini saling bergesekan. Pastilah mata akan menjadi sakit dan pada akhirnya tidak dapat melihat. Jika mata dilumasi dengan baik, maka mata tidak dapat melihat seperti yang saat ini kita rasakan.

2. Membunuh Bakteri

Air mata sebenarnya adalah zat antibakteri dan antivirus yang bekerja melawan semua kuman dari tempat-tempat yang dikunjungi. Air mata mengandung lisozim, cairan anti kuman yang dapat membunuh 90 - 95 % bakteri hanya dalam 5-10 menit.

3. Menyingkirkan Racun

Ahli biokimia bernama William Frey telah meneliti air mata dan menemukan bahwa air mata yang terbentuk ketika mengalami kesedihan lebih beracun dari air mata yang terkena debu atau iritasi. Ternyata, air mata tersebut mengeluarkan racun dari tubuh yang terbentuk karena stres.

4. Meningkatkan Suasana Hati

Terlalu banyak kadar zat mangan (Mn) dapat menyebabkan hal-hal buruk seperti: kecemasan, kegelisahan, lekas marah, kelelahan, agresi, gangguan emosional, dan seluruh perasaan negatif lainnya. Menangis menurunkan kadar mangan seseorang. Air mata yang keluar ketika sedih mengandung konsentrasi protein 24 % lebih tinggi dan dapat mengangkut molekul mangan yang beracun.

5. Menurunkan Stres

Air mata memiliki fungsi seperti keringat dalam berolahraga, maka menangis baik untuk meredakan stres. Air mata mengurangi beberapa bahan kimia yang muncul dalam tubuh karena
stres seperti endorfin, leusin- enkaphalin, dan prolaktin. Tapi di satu sisi, air mata juga dapat meningkatkan tingkat stres dan memperparah penyakit yang diakibatkan oleh stress seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan maag.

6. Menarik Simpati dan Mendekatkan Diri dengan Orang Lain

Air mata secara dramatis dapat mengubah pendangan seseorang dan menyatukan orang dengan cara yang tulus. Air mata dapat memecah dinding emosional dan hambatan mental dalam diri sendiri terhadap orang lain.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian. So, jangan segan-segan untuk menangis. hehehehe (ones)

Baca selengkapnya
Download Area

Download Area

Buat download file yang anda inginkan, maka update kali ini mengenai download.

berikut ada file nasyid yang enak didengar buat para remaja.

Semoga rekan-rekan semua yang ingin mencari file mp3, video, file pdf, file word, dapat menemukannya disini.

Sebelum anda melakukan download file yang anda inginkan, anda bisa baca2 dulu artikel atau posting-posting di blog ini.

buat yang jatuh cinta , pengin sehat.
flashdisk ke hidden. dan masih ada lainnya.

matur nuwun dan terimakasih..

keep smile :-)
Baca selengkapnya