PSU Amikom

Iseng-iseng ngobrol sama teman-teman saat selesai mengerjakan UAS, tiba-tiba melihat seorang calon mahasiswa yang mengenakan pakaian putih hitam dengan dasi yang rapi. Calon mahasiswa tersebut sedang bertanya kepada security yang sedang berjaga.

“maaf pak, ruang untuk PSU dimana ya?”

“adik langsung saja, dari sini lurus, turun sampai ujung di gedung sebelah timur.”

“owh, terimakasih pak.”

“sama-sama.”

Dari peristiwa tersebut jadi teringat semasa mengikuti kegiatan PSU juga, motivasi diri tak henti-hentinya diberikan.

Sumber mengatakan bahwa Pelatihan Super Unggul atau lebih disebut PSU, merupakan salah satu dari matakuliah wajib yang ada di STMIK AMIKOM Yogyakarta. Pada penerimaan mahasiswa baru, setiap mahasiswa STMIK AMIKOM Yogyakarta diwajibkan untuk mengikutinya, sebelum pada akhirnya mengikuti matakuliah berikutnya. Dengan diperkenalkan suasana kampus AMIKOM, mahasiswa baru tersebut akan semakin tahu dan mulai beradaptasi pada lingkungan kampus.

Kegiatan yang diadakan selama 5 hari dengan beberapa sesi pertemuan, mendapat materi tersendiri dan dosen yang berbeda setiap sesinya. Dari setiap sesi pertemuan diberikan 2 per materi, setiap materi mendapat waktu sekitar 2 jam.

Materi yang diberikan adalah diantaranya Membangun Suasana, TAT & PR Who Am I, Presentasi Who Am I, Keswadayaan, IRS, Diskusi Gemilang, Mendengar Aktif, Joe & Harry Window, Goal Setting, Mengubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan, Ikrar Diri, dan Surat Diri. Dari materi yang diajarkan, diharapkan mahasiswa baru dapat membangun diri dan memanfaatkannya dengan baik.

Pembentukan sikap mental sangat penting terutama dalam upaya meningkatkan keunggulan sumber daya manusia . STMIK AMIKOM memiliki cara sendiri yang berbeda dengan perguruan tinggi yang lain. PSU (Pelatihan Super Unggul) dilakukan ketika lahirnya generasi baru dikalangan kampus UNGU yang nantinya akan menjadi mahasiswa. PSU telah dilakukan setiap tahun, tujuannya untuk membekali calon mahasiswa dengan pelatihan yang diharapkan mahasiswa menjadi percaya diri dan berikap mental positif.

PSU juga dapat menjadi ajang keakraban bagi calon mahasiswa AMIKOM. Kenangan kenangan PSU juga tersimpan dalam memorial mahasiswa AMIKOM dan diharapkan selalu dapat menerapkan pelatihan tersebut dalam pribadi masing masing. ones

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PSU Amikom"

Post a Comment