Menangis itu Sehat

Menangis itu Sehat??? masa sih menangis itu bisa membuat seseorang menjadi sehat??? emang apa kelebihannya???

Sebelum masuk ke pembahasan materi kali ini (haduuuhh kayak mau kuliah aja..hehehe), saya coba petikkan penggalan lirik nasyid seperti berikut. Semoga lirik tersebut sedikit banyak mewakili apa yang akan kita bahas kali ini.

menangislah...

kadang manusia terlalu sombong tuk menangis

lalu untuk apa airmata telah dicipta

bukan hanya bahagia yang ada di dunia

menangislah...

bagi rekan-rekan yang ingin menikmati lagunya bisa di download disini.

Okey, mari kita lanjut ke topik pembahasannya.

Manusia menangis karena alasan yang berbeda-beda dan berdasarkan emosi yang berbeda, bisa karena rasa sakit, sedih, kehilangan, frustrasi, ketakutan, atau bahkan karena saking senang dan gembiranya seseorang. Di sisi lain, air mata juga bisa memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan seseorang. Terlepas dari emosi dan alasan yang mendasari, menangis sering membuat orang merasa lebih baik. Menangis bukan berarti seseorang tersebut cengeng atau senang menangis, tapi menangis itu bisa mencairkan suasana hati yang terkadang terbawa emosi.

Air mata adalah kelenjar yang diproduksi oleh proses lakrimasi untuk membersikan mata. Lakrimasi bisa dirujuk pada kata menangis. Emosi yang kuat juga dapat menyebabkan menangis, walaupun kebanyakan mamalia darat memiliki sistem lakrimasi untuk membiarkan mata mereka basah, manusia adalah mamalia satu-satunya yang memiliki emosi air mata.(Wikipedia)

Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari menangis yang saya dapat dari hasil baca-baca ssearching di google. hehehe

1. Membantu Melihat

Fungsi dasar air mata adalah memungkinkan manusia untuk melihat. Ibarat sebuah tanah lapang yang luas dan tak pernah sedikitpun terkena air, dapatkah kita bayangkan betapa keringnya tanah tersebut, gersang, tandus, tidak subur dan lain sebagainya. Demikian halnya dengan mata, air mata tidak hanya melumasi bola mata dan kelopak mata, akan tetapi juga mencegahnya agar tidak kekeringan. Jika tidak ada air mata, dapatkah kita bayangkan jikalau mata dan kelopak mata ini saling bergesekan. Pastilah mata akan menjadi sakit dan pada akhirnya tidak dapat melihat. Jika mata dilumasi dengan baik, maka mata tidak dapat melihat seperti yang saat ini kita rasakan.

2. Membunuh Bakteri

Air mata sebenarnya adalah zat antibakteri dan antivirus yang bekerja melawan semua kuman dari tempat-tempat yang dikunjungi. Air mata mengandung lisozim, cairan anti kuman yang dapat membunuh 90 - 95 % bakteri hanya dalam 5-10 menit.

3. Menyingkirkan Racun

Ahli biokimia bernama William Frey telah meneliti air mata dan menemukan bahwa air mata yang terbentuk ketika mengalami kesedihan lebih beracun dari air mata yang terkena debu atau iritasi. Ternyata, air mata tersebut mengeluarkan racun dari tubuh yang terbentuk karena stres.

4. Meningkatkan Suasana Hati

Terlalu banyak kadar zat mangan (Mn) dapat menyebabkan hal-hal buruk seperti: kecemasan, kegelisahan, lekas marah, kelelahan, agresi, gangguan emosional, dan seluruh perasaan negatif lainnya. Menangis menurunkan kadar mangan seseorang. Air mata yang keluar ketika sedih mengandung konsentrasi protein 24 % lebih tinggi dan dapat mengangkut molekul mangan yang beracun.

5. Menurunkan Stres

Air mata memiliki fungsi seperti keringat dalam berolahraga, maka menangis baik untuk meredakan stres. Air mata mengurangi beberapa bahan kimia yang muncul dalam tubuh karena
stres seperti endorfin, leusin- enkaphalin, dan prolaktin. Tapi di satu sisi, air mata juga dapat meningkatkan tingkat stres dan memperparah penyakit yang diakibatkan oleh stress seperti tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan maag.

6. Menarik Simpati dan Mendekatkan Diri dengan Orang Lain

Air mata secara dramatis dapat mengubah pendangan seseorang dan menyatukan orang dengan cara yang tulus. Air mata dapat memecah dinding emosional dan hambatan mental dalam diri sendiri terhadap orang lain.

Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi rekan-rekan sekalian. So, jangan segan-segan untuk menangis. hehehehe (ones)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Menangis itu Sehat"

Post a Comment