Sehat Badan, Sehat Pikiran

Halo sobat blogger yang budiman, lama ga update blog Motiara ini rasanya kangen juga setelah beberapa waktu menyibukkan diri dengan berbagai urusan yang lumayan penting (sok sibuk).
Sebelum masuk ke update-nya mungkin lebih baik saya sapa dulu kali ya???

Masih semangaaaaaaaaatttttttt?????

Masih sehaaaaaaaaaaaatttttttt?????
Semoga jawaban dari rekan-rekan sekalian adalah “tetap sehat dan semangat…”

Kali ini saya akan berbagi pengalaman atau sekedar info saja buat rekan-rekan sekalian, semoga nantinya bisa dicoba dan diterapkan sendiri-sendiri atau dilakukan berjamaah (kayak sholat aja berjama’ah…)

Kesehatan Mahal Harganya,,ya betul banget gitu loh..(siapa juga yang bilagn murah???)
Orang yang sedang sakit harus rela membayar dengan biaya selangit hanya untuk sehat kembali. Ketika sakit, apapun akan dilakukan demi kesembuhannya. Berapapun biayanya, betapapun jauh jaraknya, akan dilakukan dan ditempuh demi mendapatkan kesembuhan dari penyakitnya tersebut.

Namun, sebaliknya ketika orang masih dalam keadaan sehat, dia tidak menyadari betapa mahalnya sehat itu. Tidak melakukan pencegahan sebelum sakit seperti menjaga pola makan, pola olah raga, dan pola hidup sehat. Beberapa tips hidup sehat salah satu diantaranya adalah berolah raga.

Olahraga tidak perlu dengan tenaga yang super, dengan biaya yang besar, dengan alat yang canggih, dan lain sebagainya. Namun oleh raga bisa dilakukan dengan yang sederhana yang penting dapat membakar kalori tubuh sehingga keringat bisa keluar.

Berbicara masalah olahraga sederhana, saya akan coba membahas olahraga tidak asing yaitu LARI. Lari dapat dilakukan setiap waktu, dimanapun, dan oleh siapapun. Olahraga dengan menggerakkan badan bergerak dengan didominasi dengan gerakan kaki dan tangan.

Lari yang dilakukan pada pagi hari akan lebih nikmat rasanya dibandingkan lari pada waktu-waktu yang lain. Lari pagi memberikan keuntungan tetap bagi keseluruhan kesehatan setelah dilakukan, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Membuat jantung kuat, dimana semakin memperlancar peredaran darah dan pernafasan.
Pada saat melakukan lari, denyut jantung berdetak lebih cepat dalam melakukan pemompaan darah. Sehingga sirkulasi darah mulai kepala sampai telapak kaki bergantian berputar, sehingga darah yang dalam keadaan diam pada waktu tidak melakukan aktivitas dapat kembali bersirkulasi.

2. Mempercepat sistem pencernaan dan membantu Anda menyingkirkan masalah pencernaan.
Menurut hemat saya, setelah melakukan lari pagi biasanya kalau belum BAB sampai rumah setelah minum dan istirahat terasa kepengin BAB. Hehehehe
Sehingga isi perut terkuras dan bersih kembali dan siap untuk diIsi lagi. (kan laper habis tenaga buat lari-lari…hehehe)

3. Menetralkan depresi.
Depresi atau bahkan stress berat ternyata bisa juga sedikit banyak terkurangi atau bahkan dihilangkan dengan lari pagi ini. Betapa tidak, setelah penat dari aktivitas yang monoton dan tidak bervariatif kita dapat tergantikan dengan melihat-lihat sekeliling jalan yang dilalui pada saat lari pagi. Apalagi kalau masih dilingkungan pedesaan gitu, pasti masih ada pepohonan hijau dan semilir angin pagi yang berhembus.

4. Meningkatkan kapasitas untuk bekerja dan mengarahkan pada kehidupan yang aktif.
Lari dapat melatih gerak yang lebih extreme dan dapat dilatih untuk melakukan kegiatan dan aktivitas lainnya.

5. Membantu Anda membakar lemak dan mengatasi kegemukan.
Ini dia yang sering menjadi tujuan utama lari pagi. Biar langsing dan terlihat lebih sehat kalau badan ideal.

6. Kalau Anda bermasalah dengan selera makan, membantu Anda memperbaikinya.
Seperti diawal tadi, lari pagi dapat membantu mengatasi masalah pencernaan dan mengatur metabolisme tubuh.

7. Mengencangkan otot kaki, paha dan punggung.
Lari pagi dapat membuat kaki kita lebih kuat dan berotot, lebih kuat untuk menopang tubuh kita yang lebih berat dari kaki itu sendiri, apalagi kalau tubuh tidak ideal dan cenderung gemuk, pasti kaki harus lebih kuat lagi untuk menopangnya. Hehehe

8. Membuat tidur lebih nyenyak.
Apalagi yang satu ini, belum melakukan lari pagi aja kadang tidur udah nyenyak banget sampai berjam-jam, kadang malah ada yang tidur sampai tidak sadarkan diri sehingga tidak tau dengan aktivitis orang lain di tempat tersebut. Namun bukan itu yang dimaksud tidur nyenyak, disini yang dimaksudkan adalah tidur nyenyak bukan karena capek, namun karena kondisi badan sudah kembali bugar karena dari beberapa keuntungan sebelumnya yang sudah terpenuhi.

Sedikit info dan share saja seputar lari pagi, semoga kita bisa melakukannya dengan teratur sehingga mendapatkan keuntungan-keuntungan yang mungkin belum disebutkan juga diatas. Tapi tidak sedikit orang merasa malas untuk melakukan kegiatan ini. Kebanyakan orang lebih memilih untuk bermalas-malasan atau duduk di atas sofa empuk sambil bermain game atau dengan memanjakan diri dengan aktivitas yang kurang atau bahkan tanpa gerak. Ternyata lari sangat berguna bagi kesehatan tubuh dan mental kita.
(ones)

Selamat mencoba dan mempraktekkannya secara langsung!!!
Salam Sehat dan Semangat!!!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sehat Badan, Sehat Pikiran"

Post a Comment