#google analistic

Sabtu, 04 Agustus 2012

Puasa kok lemes? semangat dong!

Banyak yang salah mengartikan kalau tidur disaat puasa itu adalah ibadah, makanya tidak jarang kita dengar ‘mau ibadah dulu’. Padahal yang dimaksud itu adalah tidur.haduuuwwhhh

Tidur yang dianggap sebagai ibadah itu adalah tidur disaat tidak ada aktivitas lain yang lebih bermanfaat. Jadi ketika masih ada aktivitas yang lebih bermanfaat sebaiknya diselesaikan dahulu sebelum kita tidur atau istirahat.

Saat puasa tubuh mempunyai cadangan energi yang lebih sedikit dari biasanya. Padahal kita tetap dituntut untuk terus beraktivitas seperti biasanya. Jangan sampai gara-gara puasa, produktivitas kita menurun. Supaya badan tetap segar sepanjang hari, kita harus mengkonsumsi makanan yang tepat untuk sahur. Berikut ini tips-tips sahur supaya puasa tidak lemas.

1. Makan Dengan Porsi Normal dan Jangan Sampai Over/Berlebihan
Dalam hadits Rasulullah Shalallahu 'alaihi wa Sallam bersabda,
"Tiadalah anak Adam itu mengisi bejana yang lebih jelek dari perut. Cukuplah beberapa suap makanan untuk menegakkan tulang sulbinya jika ingin dipenuhkan, hendaknya perut dibagi tiga, 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk minuman, dan 1/3 untuk pernafasan (udara)." (HR Tirmidzi, Ahmad, Ibnu Majah, Hakim)

Tetap makan dengan porsi normal seperti biasa saat sahur. Makan yang lebih banyak dari porsi biasanya justru akan membuat perut kekenyangan dan terasa tidak nyaman. Lagipula makanan yang masuk ke tubuh dalam jumlah yang berlebihan bisa menyebabkan tubuh lebih cepat mengalami dehidrasi. Makan dengan porsi yang terlalu sedikit pun tidak baik untuk tubuh karena bisa mengurangi energi dalam tubuh dan menyebabkan tubuh menjadi lemas.

2. Makan Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks lihat kualitasnya bukan kuantitasnya
Perbanyak konsumsi makanan dengan karbohidrat kompleks seperti nasi merah, gandum utuh, roti gandum, biji-bijian, serta buah dan sayuran. Karbohidrat kompleks dicerna oleh tubuh dalam jangka waktu yang lama sehingga mampu menghasilkan cadangan energi yang lama serta memperlambat sistem pencernaan sehingga perut terasa kenyang lebih lama. Karbohidrat kompleks juga dapat mencegah dehidrasi karena fungsinya yang mampu membantu tubuh menyerap air lebih efisien.


3. Hindari Makan Terburu-Buru dan Tergesa-gesa
Secara teknis, makan dengan terburu-buru dapat menyebabkan tersedak. Makanlah secara
perlahan sebab jika kita mengunyah makanan terlalu cepat kadar gula dalam darah akan terganggu sehingga beberapa jam setelah sahur perut akan menjadi cepat lapar. Tubuh akan bekerja lebih keras untuk menyerap nutrisi makanan pada saat kita makan terlalu cepat. Akibatnya, tubuh kurang sempurna dalam menyerap nutrisi sehingga cepat lemas.

4. Minum Air Putih yang Cukup

Perbanyak minum air putih pada saat sahur. Air putih lebih baik ketimbang teh manis atau minuman manis lainnya. Teh dan gula memang cepat menghasilkan tambahan energi namun energi yang dihasilkan dari gula pasir juga lebih cepat hilang sehingga tubuh mudah menjadi
lemas.
Sebaiknya minum teh manis atau minuman manis lainnya pada saat berbuka saja untuk menggantikan energi yang hilang dalam waktu yang cepat. Mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak air seperti semangka dan timun juga disarankan. Jangan minum kopi dan teh berlebihan karena bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan.

Semoga bermanfaat bagi kita semua, dan puasa kita lancar sampai hari raya tiba dengan aktivitas yang tidak kalah dengan hari-hari biasa pada saat kita tidak berpuasa.ones

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Templates | Affiliate Network Reviews